Komunikasi Terlihat Lebih Menarik,Kenapa Tidak?
Begitu banyak bentuk –
bentuk dari komunikasi, karena dengan melihat kita bisa menerima makna dari apa
yang ingin komunikan sampaikan ke komunikator, begitu juga
dengan kita mendengar atau merasakan sesuatu dengan sentuhan. Jadi segala
sesuatu yang berhubungan dengan panca indra dapat menjadi suatu hal yang bisa
kita komunikasikan. Jadi komunikasi itu sebenarnya suatu hal yang simple, yang harus kita
pikirkan berikutnya adalah bagaimana komunikan memaknai apa yang kita komunikasikan.
Di era visual seperti
sekarang, orang – orang lebih tertarik dengan bentuk iklan atau ajakan yang
tidak hanya di bisa didengar saja tetapi juga harus ada visualnya juga agar
terlihat lebih menarik, contoh
mudah saja : anak – anak
pasti lebih tertarik dengan membaca komik dari pada mereka membaca buku
pelajaran, bukan karena isi komik tersebut saja yang lebih menarik, tapi dengan
di tambahkan dengan gambar – gambar mereka menjadi lebih mudah memahami.
Komunikasi Visual, Berkomunikasi dengan Banyak Media
Komunikasi Visual adalah
suatu bentuk komunikasi yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi
atau pesan se-efektif mungkin. Dalam Komunikasi visual, teks juga
dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. Komunikasi Visual diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis desain lainnya, Komunikasi Visual dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Komunikasi visual juga mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasusk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, warna dan tata letak.
Komunikasi Visual pada awalnya diterapkan untuk media-media
statis, seperti buku, majalah, dan brosur.
Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, Komunikasi Visual juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang. Bentuk media komunikasi visual yang ada sekarang ini
sudah tak terbilang jumlahnya. Para kreator senantiasa menyuguhkan bentu-bentuk
baru dari waktu ke waktu. Di antara sekian banyak media yang ada, berikut
merupakan media-media yang sangat populer digunakan untuk berbagai keperluan :
1. Media Sebar
Brosur, Buku, Koran,
Majalah, Bulletin dan lain-lain
2. Media
Lekat/Tempel/Gantung
Poster, Sticker,Kalender
3. Media Bentang
Spanduk, Flying
banner, Umbul – Umbul, Baliho
4. Media Pancang
Billboard, Balon promo
5. Media Transit
Trans Advertesing
6. Media Pakai
T-shirt, Topi, Tas
7. Media Display
Exibition Panel, Moving
Panel
8. Media Permainan
Kartu permainan,
Layang-layang, Ular tangga
Sebenarnya masih banyak
media yang dapat di gunakan sebagai komunikasi visual, karena masih banyak
tempat yang dapat kita gunakan untuk menjadi tempat dalam kita
mengkomunikasikan secara visual, seperti anak muda yang dapat menvisualisasikan
apa yang mereka rasaka dengan menggambar di “kolong” jembatan yang mereka namai
dengan “Bomber”. Biasanay gambar – gambar yang mereka tampilkan selalu memiliki
pesan lebih dari sekedar gambar-gambar lucu yang mereka lakukan tersebut dan
kita bisa menamainya dengan Semiotika ( saya akan coba bahas di REVIEW
berikutnya ). Jadi selamat menikmati “gambar-gambar” yang telah ada,atau anda
ingin menciptakan a”gambar” anda sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar