Senin, 15 April 2013

Koin Antik : Koleksi Sejarah yang Menguntugkan

Koleksi Koin Antik yang Banyak Peminat

Semakin banyaknya koin-koin antik yang beredar dipasaran sekarang ini, seperti membawa kita kemasa dimana koin itu digunanakan untuk berniaga. Banyak cerita-cerita histori didalamya, baik itu cerita tentang bagaimana koin itu dibuat serta  tokoh yang digunakan untuk koin itu biasanya adalah orang penting sehingga memiliki cerita sendiri atau tentang bagaimana sipemilik koin antik tersebut mendapatkan koinnya sebagai koleksi.

Harga koin yang menjadi berlipat ganda karena semakin sedikitnya koin antik tersebut, tetap menjadi buruan bagi para kolektornya. Biasanya para kolektor itu mencari koin antik itu untuk menambah koleksi mereka sendiri atau untuk keperluan lain seperti, sebagai mahar untuk acara pernikahan. Karena semakin banyak peminatnya itu, semakin memungkinkan akan semakin banyak juga para pedagang yang ingin berbuat curang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena menjual koin antik.

Cara Membedakan Koin Asli dan Koin Palsu

adapun beberapa cara untuk mengetahui apakah koin antik tersebut asli atau hanya sekedar replika, adalah sebagai berikut :

  1. Cari tahu lebih tentang tahun pembuatan koin antik tersebut, karena biasanya banyak koin replika yang salah dalam penulisan tahun produksi
  2. Koin asli biasanya dibuat dengan cara ditempa (struck), Sehingga hasilnya sangat jelas, terang dan timbul walaupun koin tersebut telah 'dimakan' usia. Pada koin palsu biasanya hanya di cor sehingga koin tidak tahan lama.
  3. Standar berat koin asli yang biasanya sangat jauh dengan koin palsu.
  4. Pinggiran Koin, biasanaya pada koin aslli terdapat jenis dan bentuk yang dapat membedakan koin tersebut.
Sebenarnya itu hanya beberapa trik untuk mengetahui bagaimana koin antik tersebut asli atau palsu adalah seberapa banyak informasi tentang koin yang sedang kita cari, dan ketelitian sangat di perlukan apabila kita dapat melihat barang tersebut, dan untuk lebih aman lagi belilah koin antik yang bersitifikat.

Salah Satu Koin Antik yang Banyak Replikanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar