Senin, 11 Maret 2013

Memilih Kosmetik yang Aman Bagi Perempuan


Kandungan Kimia yang Tidak di Anjurkan di Produk Kosmetik

Bila tampil cantik dan menarik di hadapan semua orang tentu menjadi impian hampir sebagian besar perempuan, maka salah satu cara untuk dapat merealisasikan hal tersebut adalah dengan menampilkan keindahan dan kecantikan kulit. Dan kosmetik adalah salah satu jawabanya. Karena memang kosmetik merupakan pilihan yang banyak di gunakan untuk membuat wajah mereka lebih menarik, sehingga kosmetik menjadi sebuah hal yang wajib di gunakan. Namun dalam penggunaanya para wanita haruslah teliti dan cermat dalam memilih sebuah kosmetik yang aman di gunakan.

Semakin banyaknya produk – produk kecantikan yang di jual di pasaran, dengan semakin banyaknya kosmetik yang di jual secara bebas itu mungkin bisa membuat para wanita menjadi takut dan harus berhati – hati dalam memilih kosmetik karena semakin banyak beredar kosmetik palsu yang mengandung  bahan yang  berbahaya untuk tubuh, karena ada beberapa bahan berbahya yang di keluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Beberapa zat kimia yang harus di waspadai itu adalah :

  • Butil asetat. Merupakan zat kimia yang biasanya dipakai di dalam industri plastik. Zat ini digunakan pada cat kutek sebagai pencegah hasil polesan yang pecah-pecah. Bahaya zat ini mudah terbakar.
  • Butilat hidroksi toluen (BHT). Merupakan zat kimia pencegah pelunturan warna. Bahan ini di dalam kosmetik dipakai untuk pengawet agar kosmetik tidak cepat rusak. Bahayanya, zat ini mudah terbakar, membuat sakit perut, pusing, mual, dan muntah. Bahkan jika sungai tercemar zat ini, ikan-ikan dan organisme hidup lainnya bisa mati.
  • Tar batu bara. Banyak dipakai sebagai peluruh sel-sel mati dan pencegah gatal pada sampo dan pewarna rambut. Bahayanya adalah sifatnya yang karsinogenik atau dapat memicu timbulnya kanker.
  • Kokamid (Lauramid DEA)Yaitu merupakan zat pembuat busa pada sampo dan sabun. Bahayanya adalah bersifat karsinogenik.
  • Formaldehid (formalin). Dipakai sebagai pengawet berbagai macam kosmetik padahal sebenarnya merupakan jenis pengawet (pencegah pembusukan) mayat (manusia atau pun hewan). Bahayanya juga bersifat karsinogenik.
  • Diazolidinil ureaMerupakan sejenis desinfektan (pencegah pembusukan) yang dipakai sebagai pengawet kosmetik. Bahayanya bersifat karsinogenik.
  • Etil asetat. Pelarut yang biasa digunakan pada kutek, maskara, pembersih gigi, dan juga parfum. Bahayanya bersifat asfiksif, yaitu membuat sesak napas karena wanginya yang menyengat. 
  • ParabenMerupakan pengawet yang mencegah tumbuhnya mikroorganisme di dalam kosmetik. Bahayanya adalah bersifat karsinogenik.
  • Petrolateum (petroleum). Di dalam kosmetik digunakan sebagai zat pengkilap lipstik dan krim pelembut kulit. Bahayanya bersifat karsinogenik dan memicu penuaan dini.
  • Triklosan. Dipakai sebagai pencegah kontaminasi kuman pada kosmetik. Bahayanya bersifat karsinogenik.

Pemilihan Kosmetik yang Aman

Mungkin karena ingin membeli kosmetik dengan harga yang murah/grosir, kita jadi lupa akan kandungan – kandungan yang terdapat di kosmetik tersebut,  tetapi kita juga harus mengenali dengan benar jenis kulit kita. Jadi sebelum membeli kita dapat memperhatikan kandungan kimia yang terdapat di produk kosmetik kecantikan tersebut, apabila kulit kita bermasalah kita dapat mengunakan kosmetik untuk kulit sensitife dengan kandungan kimia yang telah teruji. Terus kita juga harus memastikan usia kosmetik kita, jangan memaksakan menggunakan kosmetik yang telah berusia lebih dari 2 tahun karena dapat menyebabkan iritasi yang parah. Memerhtikan alat – alat kecantikan kita serta hindari untuk berbagi kosmetik pri badi juga di perlu di perhatikan.

Sebenarnya tidak sulit untuk kita untuk mencari Kosmetik yang aman di pasaran. Kita bisa mendapatkan di beberapa hypermart atau Mall – mall besar yang menjual alat kosmetik tersebut, atau apabila kita memiliki keterbatasan waktu kita dapat mencari di online shop yang terpercaya dan telah menjadi “Recommended seller” dengan melihat aktifitas jual beli mereka
.
Jadi buat para wanita ga perlu tkut untuk berbelanja kosmetik yang aman, yang terpenting adalah mencari informasi tentang produk kosmetik tersebut dan apa yang di perlukan oleh kulit kita. Wanita Indonesia mari kita menjadi konsumen yng lebih pintar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar