Rabu, 27 Maret 2013

Komunikasi Visual, Cara Berkomunikasi yang Lebih Menarik


Komunikasi Terlihat Lebih Menarik,Kenapa Tidak?

Begitu banyak bentuk – bentuk dari komunikasi, karena dengan melihat kita bisa menerima makna dari apa yang ingin komunikan sampaikan ke komunikator, begitu juga dengan kita mendengar atau merasakan sesuatu dengan sentuhan. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan panca indra dapat menjadi suatu hal yang bisa kita komunikasikan. Jadi komunikasi itu sebenarnya suatu hal yang simple, yang harus kita pikirkan berikutnya adalah bagaimana komunikan memaknai apa yang kita komunikasikan.


Di era visual seperti sekarang, orang – orang lebih tertarik dengan bentuk iklan atau ajakan yang tidak hanya di bisa didengar saja tetapi juga harus ada visualnya juga agar terlihat lebih menarik, contoh mudah saja : anak – anak pasti lebih tertarik dengan membaca komik dari pada mereka membaca buku pelajaran, bukan karena isi komik tersebut saja yang lebih menarik, tapi dengan di tambahkan dengan gambar – gambar mereka menjadi lebih mudah memahami.


Komunikasi Visual, Berkomunikasi dengan Banyak Media

Komunikasi Visual adalah suatu bentuk komunikasi yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan se-efektif mungkin. Dalam Komunikasi visual, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Komunikasi Visual diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, Komunikasi Visual dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Komunikasi visual juga mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasusk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, warna dan tata letak.

Komunikasi Visual pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, Komunikasi Visual juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Bentuk media komunikasi visual yang ada sekarang ini sudah tak terbilang jumlahnya. Para kreator senantiasa menyuguhkan bentu-bentuk baru dari waktu ke waktu. Di antara sekian banyak media yang ada, berikut merupakan media-media yang sangat populer digunakan untuk berbagai keperluan :

1. Media Sebar

Brosur, Buku, Koran, Majalah, Bulletin dan lain-lain

2. Media Lekat/Tempel/Gantung

Poster, Sticker,Kalender

3. Media Bentang

 Spanduk, Flying banner, Umbul – Umbul, Baliho

4. Media Pancang

Billboard, Balon promo

5. Media Transit

Trans Advertesing

6. Media Pakai

T-shirt, Topi, Tas

7. Media Display

Exibition Panel, Moving Panel

8. Media Permainan

Kartu permainan, Layang-layang, Ular tangga


Sebenarnya masih banyak media yang dapat di gunakan sebagai komunikasi visual, karena masih banyak tempat yang dapat kita gunakan untuk menjadi tempat dalam kita mengkomunikasikan secara visual, seperti anak muda yang dapat menvisualisasikan apa yang mereka rasaka dengan menggambar di “kolong” jembatan yang mereka namai dengan “Bomber”. Biasanay gambar – gambar yang mereka tampilkan selalu memiliki pesan lebih dari sekedar gambar-gambar lucu yang mereka lakukan tersebut dan kita bisa menamainya dengan Semiotika ( saya akan coba bahas di REVIEW berikutnya ). Jadi selamat menikmati “gambar-gambar” yang telah ada,atau anda ingin menciptakan a”gambar” anda sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar