Selasa, 02 April 2013

Sepatu Cibaduyut : Sepatu Berkualitas dari Bandung


   Sepatu Berkualitas itu dari Cibaduyut.


Semakin banyaknyanya sepatu-sepatu bermerk dari luar negri,sempat membuat perkembangan sepatu-sepatu lokal sepi peminat. Mereka biasanya sepatu dari luar negri lebih berkualitas dari pada sepatu buatan lokal, karena bahan kulit yang di dapat lebih bagus dengan jahitan sepatu yang lebih kuat dan tahan lama serta membuat kaki lebih nyaman.

Sepatu didalam perkembanganya tidak hanya sekedar menjadi alas kaki tetapi juga menjadi sebagai bagaian dari mode, karena semakin banyak jenisnya serta warna – warna yang menarik yang bisa di sesuaikan dengan pakaian yang di gunakan pemakai. Selama ini kita telah mengenal brand-brand terkenal yang sanagat terkenal di masyarakat seperti : Nike, Adidas dan Puma untuk jenis sepatu olahraganya, sedangkan untuk sepatu casual terutama untuk wanita kita sudah sering mendengar : Louis Vuitton atau Prada.
Indonesia juga memiliki industry sepatu yang sanagat besar yang berada di JalanCibaduyut, Bandung. Tiba di Cibaduyut anda akan di sambut dengan patung sepatu dengan tinggi kurang lebih 2 meter, yang menandakan mayoristas penduduk sekitar bekerja sebagai pengrajin sepatu dan penjual sepatu. Kita bisa mendapatkan berbagai sepatu berkualitas yang di kerjakan secara manual sehingga hasil yang di dapatkan lebih rapih,bagus dan kuat dan itu sudah sangat menjelaskan sepatu buatan Cibaduyut tidak kalah bersaing dengan sepatu buatan luar negri.

    Sepatu Cibaduyut, Merambah Pasar Dunia

Toko-toko sepatu diCibaduyut telah ada sejak tahun 1980an yang kebanyakan adalah usaha keluarga yang dilaksanakan secara turun temurun. Pendatang yang datang dan mebeli sepatu diCibaduyut pun tidak hanya datang dari Bandung dan sekitarnya tetapi juga ada yang berasal dari Pulau Jawa, bahkan ada juga yang berasal dari luar negri seperti : Malaysia, Jepang, Singapura bahkan hingaa Eropa. Dengan kualitas sepatu yang sangat bagus menjadikan Cibaduyut sebagai pusat industry sepatu yang terkenal di Jawa Barat.
Bahkan pada tahun 2008 PNS di Bandung telah di himbau untuk mengembalikan kejayaan sepatu cibaduyut yang sepat memudar dengan semakin banyaknya sepatu luar negri yang ada di Indonesia. Ajakan ini juga dapat bermaksud agar kita mencintai produk – produk dalam negri, tujuan ini di maksud agar kita tidak melupakan produk-produk lokal.
Sekali lagi, cibaduyut adalah sejarah terutama bagi masyarakat bandung, karena cibaduyut telah menghasilkan sepatu-sepatu yang di pakai hingga luar negri, seharusnya sebagai “pemilik” nya kita,harus lebih menghargainya agar warisan budaya ini tidak hilang. Cintailah produk lokal.
Monumen Cibaduyut, Sejarah Sepatu di Bandung

2 komentar: