Kamis, 21 Maret 2013

Susu Kambing, Minuman Bergizi yang Terlupakan


Semakin banyaknya varian dari susu yang ada seperti susu sapi, susu kedelai, dan susu kambing. Tapi kita biasanya dapat dengan mudah mendaptkan produk susu kedelai di swalayan atau di pasar – pasar, begitu juga dengan produk susu sapi, dan bagaimana dengan produk susu kambing? Dengan khasiat yang lebih bagus dari produk susu sapi dan susu kedelai seharusnya kita juga bisa dengan mudah mendaptkan produk susu kambing.

Kenapa saya bilang produk susu kambing lebih bagus dari susu sapi? Dari beberapa refrensi bacaan yang saya dapat mengatakan bahwa susu kambing adalah makanan paling lengkap yang pernah ada karena mengandung vitamin,mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh. Bahkan, tubuh kita dapat mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit. Bandingkan dengan 2-3 jam yang dibutuhkan untuk mencerna susu sapi!!

Susu Kambing dengan Segala Kelebihanya


Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu (ASI) dari segi komposisi, nutrisi, dan sifat kimia alami. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk anak – anak sebai penganti dari ASI. Eter gliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing dibandingkan pada susu sapi juga membuat beberapa dokter merekomendasikannya untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir. Sebenarnya banyak Negara yang mengkonsumsi susu sapi dari pada susu kambing, tetapi karena kita lama di jajah oleh Belanda, yang membiasakan kita semua lebih suka meminum susu sapi daripada susu kambing!

Dengan bau dan rasa susu kambing murni sangat spesifik yaitu sedikit berbau kambing. Ada kalanya bau susu agak tajam karena pengaruh pakan. Susu kambing murni rasanya enak, sedikit manis, dan berlemak. Dibanding susu sapi, susu kambing memiliki kandungan gizi lebih unggul.  Itu baru beberapa saja kelebihan dari Produk susu kambing,dan kebnyakan untuk anak – anak karena memiliki manfaat yang hamper sama denga air susu ibu (ASI), adapun manfat lain dari Produk susu kambing adalah :
  • Menghindari penumpukan lendir

Susu sapi tinggi akan lemak, inilah penyebab utama terjadinya penumpukan lendir yang membuat sebagian orang lebih rentan terhadap penyakit pernafasan.
  • Menenangkan sistem pencernaan

Tidak adanya kandungan protein kompleks pada produk ini membuatnya baik dikonsumsi oleh semua orang, bahkan bagi seseorang yang memiliki alergi sekalipun. Selain keuntungan tersebut, produk alami ini diyakini dapat menenangkan sistem pencernaan manusia sehingga dapat menigkatkan fungsi organ tersebut.
  • Mengandung lemak esensial

Kandungan lemak esensial yang terdapat di dalamnya membuatnya baik dikonsumsi mentah-mentah bahkan bagi mereka yang tidak terlalu bersahabat dengan laktosa sekalipun.
  • Baik bagi pasien radang usus

Sifat probiotik yang ada dalamnya membuat sistem pencernaan berfungsi lebih baik lagi sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit radang usus.
  • Tinggi kalsium

Kandungan kalsium yang ada di dalamnya, membuatnya baik untuk perkembangan dan kekuatan tulang serta gigi. 
  • Meningkatkan energi

Kambing dikenal sebagai hewan bio organik natrium, bio organik natrium sendiri merupakan senyawa atau elemen yang membuat persendian tetap dalam keadaan baik.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang, metabolisme yang baik diperlukan oleh tubuh agar dapat mengurangi resiko berbagai gangguan kesehatan.

Jadi tidak ada salahnya untuk kita yang sudah biasa meminum susu sapi untuk mengkonsumsi susu kambing, apa lagi manfaat ya kita dapat lebih banyak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar